Cyber Ethics

Cyber Ethics


Salah satu aturan tidak tertulis yang dikenal di dunia teknologi informasi adalah Cyber Ethics, yang merupakan nilai-nilai yang disepakati bersama untuk dipatuhi dalam interaksi antar pengguna teknologi informasi.


Berikutnya adalah Netiquette yang merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

Cyber Ethics secara tidak langsung sebenarnya replikasi etika yang ada dalam dunia nyata atau dunia sebenarnya mencakup kebiasaan di masyarakat.  Kalau di masyarakat tentunya etika akan menyesuaikan dengan adat istiadat dan budaya yang ada pada jenis masyarakat tertentu, sedangkan Cyber Ethics tentunya perlu ekstra hati-hati karena etika yang berlaku dimungkinkan terjadi irisan di satu sisi diperbolehkan disisi lain tidak diperbolehkan, atau lain sebagainya.

Pentingnya kita mengenal terlebih dahulu etika pada suatu negara atau komunitas sebelum melakukan komunikasi untuk menghindari etika yang keliru yang tentunya akan berakibat terjadinya kesalah pahaman dalam berkomunikasi.

Etika standar nya dibahas pada konsep Netiquette atau Netiket yang digunakan dan secara umum dalam komunikasi global pada jaringan internet.

Pentingnya Cyber Ethics dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan Internet akan membawa kita kepada keamanan dalam beraktivitas dan berproduktivitas dan tentunya jika terjadi kesalah pahaman maka yang perlu dilakukan adalah membuat pertemuan khusus baik melalui video call, video conference, atau bertemu langsung (jika dimungkinkan).